Kamis, 03 November 2011


Sifat Zuhud Rasulullah SAW Di Dunia
Posted on 4 Januari 2011 by abizakii
Sesungguhnya Zuhud Rasulullah S.A.W di dunia adalah sesuatu yang dijalaninya dari segala kecukupan dan Rasulullah menyedikitkan urusan dunia dan seisinya.
Diriwayatkan oleh Aisyah R.A., bahwasanya Rasulullah S.A.W. tidak makan dengan kenyang selama tiga hari berturut-turut dari sepotong roti sampai beliau meninggal.
Dalam riwayat lain, Rasulullah S.A.W. makan dua hari berturut-turut hanya sepotong roti, padahal kalau beliau menginginkan pasti Allah akan memberikannya apa yang tidak tersirat dalam akal.
Dalam riwayat lain, bahwasanya keluarga Rasulullah S.A.W. tidak merasakan kenyang tiga hari dari sepotong rotipun sampai meninggal dunia.
Aisyah R.A. berkata : ” Rasulullah tidak mewariskan satu dinarpun, satu dirham, seekor kambing, ataupun seekor onta “.
Dalam hadits Amr bin Harits, bahwasanya Rasulullah S.A.W. tidak mewariskan sesuatupun kecuali sebuah pedang, seekor onta dan sebidang tanah yang dijadikan untuk shadaqah.
Berkata Aisyah R.A., bahwasanya ketika Rasulullah S.A.W. meninggal dunia, tidak ada sesuatu didalam rumahnya yang dimakannya kecuali sejumput gandum yang ditinggalkan untukku.
Diriwayatkan dari Aisyah, Rasulullah S.A.W. berkata kepadaku : ” Sesungguhnya Allah menawarkan kepadaku dataran Mekkah untuk dijadikan emas dan diberikan kepadaku, maka aku menolaknya, lalu aku berkata : Aku tidak mengharapkan itu semuanya Ya Allah, akan tetapi aku lebih senang sehari lapar dan sehari kenyang. Tatkala hari yang aku merasakan lapar, aku merendah diri dan berdo’a kepada-Mu, sementara tatkala hari yang aku merasakan kenyang, aku bersyukur dan memuji-Mu “.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar